SEO On Page adalah hal terpenting yang dapat digunakan, tidak hanya untuk mencapai peringkat tinggi pada search engine tetapi juga sukses dalam blogging.
Sebuah situs web blog adalah titik fokus dari semua proses SEO dan jika itu tidak dioptimalkan dengan baik untuk mesin pencari dan pengguna, peluang Anda untuk berhasil jadi kecil.
Sebelum membahas detail
teknik SEO on page yang digunakan untuk meningkatkan SEO Anda, mari kita mulai dengan beberapa terminologi dasar tentang SEO.
Jika Anda merasa nyaman dengan dasar-dasarnya, Anda dapat melewati bagian ini dan langsung ke teknik SEO.
Apa itu On Page SEO?
SEO On page adalah proses mengoptimalkan setiap halaman web situs Anda untuk mendapat peringkat lebih tinggi di Halaman Hasil Mesin Pencari (
SERPS).
SEO On Page berkaitan dengan teknik SEO (judul, deskripsi, URL) dan konten halaman web Anda.
Tujuan utama dengan on page SEO, adalah berbicara sesuai bahasa 'mesin pencari' dan membantu "crawler" mesin pencari memahami arti dan konteks halaman Anda.
Teknik SEO On Page untuk Menaikkan Traffic Blog.
Lihatlah diagram di atas dan perhatikan bagaimana SEO On Page mencegat dengan SEO teknis dan SEO Off Page.
Ketiga proses harus bekerja bersama untuk mendapatkan hasil terbaik, tetapi pekerjaan utama SEO adalah untuk mengoptimalkan konten dan struktur halaman tertentu.
11 Teknik SEO On Page untuk Meningkatkan Traffic Blog
Teori tentang SEO dan pentingnya SEO on page dibenarkan oleh search engine. Mari kita beralih ke bagian praktisnya.
Beberapa orang dapat berpendapat bahwa ada lebih banyak teknik SEO pada halaman dan tidak hanya 11 tekni SEO itu saja. Tetapi disini saya ingin mengulas 11 teknik SEO yang paling penting saja, yang dapat Anda terapkan ke situs web dan postingan atau artikel blog Anda hari ini dan dengan cepat yang dapat meningkatkan SEO on page Anda.
Berikut ini adalah ringkasan dari 11 Teknik SEO On Page tersebut:
- 1. Kualitas konten diutamakan
- 2. Judul halaman dan deskripsi meta
- 3. Konten SEO
- 4. Judul dan pemformatan konten
- 5. Gambar dan elemen multimedia lainnya
- 6. Optimalisasi URL
- 7. Tautan internal
- 8. Tautan eksternal
- 9. Kecepatan memuat halaman
- 10.Keramahan mobile
- 11.Komentar dan SEO pada halaman
1. Kualitas Konten jadi Utama
Ketika berhadapan dengan SEO, Anda harus selalu memikirkan hal-hal berikut:
- * Sebuah situs web dengan konten yang brilian dapat melakukan hal hebat dengan atau tanpa SEO.
- * Situs web blog dengan konten yang buruk tidak akan bertahan dengan atau tanpa SEO.
- * Web blog dengan konten yang bagus dapat menjadi lebih baik lagi dengan SEO!
Jadi, apa itu konten yang bagus?
Konten Asli karya sendiri (artikel, teks, gambar, video, presentasi, infografis, komentar, dll.) - Tidak ada salinan atau penulisan ulang dari artikel yang ada. Sedangkan untuk gambar, video, infografis dan lain sebagainya, dapat saja menggunakan sumber lain dengan mencantumkan asal media (gambar atau video) tersebut. Atau bisa juga menggunakan gambar yang public copyright dengan sedikit modifikasi.
Konten yang diterbitkan di situs web Anda terlebih dahulu pastikan memiliki tag kanonik dengan benar. Tag kanonik ini dalam dilihat pada template web blog Anda. Umumnya, rata-rata template web blog sekarang ini telah memiliki itu. Silahkan periksa template blog Anda, cari "canonical" tag pada template Anda, jika ada maka berarti hal ini sudah ok. Jika belum, pasang tag berikut ini pada meta tag template anda setelah <head>:
<link expr:href='data:blog.url' rel='canonical'/>.
Konten yang menyertakan teks juga - Cobalah memiliki teks untuk menyertai konten non-teks Anda. Misalnya, jika Anda memposting video di situs web Anda, coba tambahkan deskripsi teks juga. Jika Anda menambahkan gambar, coba gambarkan dengan kata-kata tentang semua gambar itu.
Konten yang bermanfaat - Jangan mempublikasikan konten untuk kepentingan penerbitan. Sebelum menekan tombol publikasikan, pastikan apa yang ditayangkan menambah nilai, baik untuk situs web maupun bagi para pembaca blog Anda.
Konten yang diteliti dengan baik - Sedapat mungkin, konten yang dibuat telah melalui sebuah riset yang baik. Agar konten yang dihasilkan pun dapat diuraikan secara tepat, enak dibaca dan cepat. Karena pengguna, pengunjung atau pembaca blog tidak ingin membaca posting yang disiapkan dengan cepat atau terburu-buru. Begitu pula dengan mesin pencari atau search engine.
Artikel panjang terbukti memiliki peringkat yang lebih baik daripada artikel pendek. Rata-rata artikel terbaik yang masuk peringkat tinggi di Google,Bing dan Yahoo, adalah artikel-artikel dengan jumlah kata 700 sampai 2000 kata. So, menulis artikel yang telah melalui riset yang baik, pasti akan menghasilkan panjang artikel yang mumpuni, sebagaimana saya sebutkan tadi.
Konten yang tidak sesuai - Konten yang asal jadi, dapat membawa pengunjung dan pembaca blog pergi begitu saja dan tidak pernah kembali lagi. Jika Anda menulis tentang topik tertentu atau menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh pembaca blog dalam komentar-komentar mereka, pastikan bahwa apa yang Anda tulis sudah benar dan dapat menjadi jawaban bagi mereka.
2. Meta Judul Postingan dan Deskripsi
Ini adalah SEO terpenting, namun sangat penting untuk melakukan
SEO on page pada halaman postingan. Ketika mesin pencari 'membaca' halaman postingan Anda, mereka akan memeriksa judul halaman, deskripsi halaman, dan konten (teks, video dan gambar). (Saya sudah pernah membahas tentang ini pada artikel sebelumnya berjudul SEO On Page Menulis Blog).
Search engine saat ini melakukan pencarian yang sangat spesifik sekali. Search engine sangat memahami tentang halaman postingan apa yang anda buat dan kemudian berdasarkan pada faktor-faktor lain (SEO on page, domain authority, kompetisi dan lain sebagainya). Search engine akan menentukan peringkat halaman Anda (untuk berbagai kata kunci) di posisi dalam indeks mereka.
Setiap halaman artikel harus memiliki judul unik yang akan membantu mesin pencari dan pengguna memahami tentang halaman tersebut.
Halaman dengan judul "Tips SEO untuk Pemula" akan dipandang jauh lebih baik daripada sebuah halaman dengan judul "index.html".
Judul halaman masih tetap merupakan salah satu primadona faktor on-page SEO yang paling penting.
Kiat Mengoptimalkan Judul Halaman
Tambahkan kata kunci ke awal judul halaman Anda - Jika memang di mungkinkan, tambahkan satu kata kunci target Anda pada awal judul postingan Anda. Ini akan membantu mesin pencari memahami dari sejak awal kata kunci apa yang ditargetkan oleh halaman postingan yang anda buat.
Namun perlu diingat. Hal itu tidak berarti Anda harus melewati batas dan mulai melakukan "stuffing" kata kunci. Jika demikian, halaman Anda justru kehilangan perhatian search engine. Jika Anda tidak dapat meletakkan kata kunci di awal judul postingan maka itu bukan akhir dari dunia optimasi seo on page anda. Pastikan saja kata kunci target Anda menjadi bagian dari judul.
Menulis judul pendek yang deskriptif - Judul halaman tidak harus panjang. Rekomendasi umum adalah menjaganya di bawah 60 karakter (termasuk spasi dan huruf). Karena search engine seperti Google hanya akan menampilkan jumlah rata-rata 60 karakter dalam hasil pencarian mereka.
Sertakan angka dan kata-kata yang kuat - Jika memiliki angka dalam judul serta kata-kata yang kuat seperti "Ultimate, Checklist, dll.", itu akan membuat judul artikel Anda menjadi lebih menarik dan dapat meningkatkan Rasio Klik.
Tidak perlu memasukkan domain Anda dalam judul - Tidak perlu memasukkan nama domain Anda dalam judul karena ini ditambahkan secara otomatis oleh search engine Google. Anda dapat menggunakan 60 karakter untuk memberikan deskripsi halaman yang akurat.
Pengecualian untuk aturan ini adalah ketika Anda memiliki merek yang kuat untuk diingat orang, sehingga orang dapat dengan mudah mengenali, maka Anda dapat saja mempertimbangkannya untuk mencantumkan domain pada judul.
Deskripsi halaman adalah apa yang akan dilihat oleh mesin pencari di halaman hasil pencarian. Gunakanlah kalimat yang deskriptif, dengan rata-rata maksium hingga 160 karakter dan pastikan deskripsi yang dibuatmengandung unsur keunikan untuk setiap halaman.
Ini adalah kesempatan Anda untuk mengiklankan halaman Anda dan meyakinkan pencari untuk mengklik tautan dan mengunjungi situs web blog Anda, ketimbang memilih tautan blog lain dari hasil pencarian.
Perlu dicatat bahwa, Google tidak selalu menunjukkan meta deskripsi meta yang Anda berikan. Namun sering kali mereka menggunakan meta sendiri, jika mereka percaya lebih cocok untuk pencari.
Tips Pengoptimalan Meta Description
Hindari deskripsi yang dibuat secara otomatis - Meskipun Google mungkin tidak menggunakan deskripsi Anda, itu selalu merupakan praktik terbaik untuk menghindari menggunakan deskripsi yang dibuat secara otomatis yang kadang-kadang tidak masuk akal.
Tambahkan kata kunci target Anda dalam deskripsi - Google masih menyoroti pencarian kata kunci baik dalam judul dan deskripsi. Oleh sebab itu, menambahkan kata kunci yang anda targetkan dalam deskripsi akan membantu Google lebih cepat menemukan informasi yang relevan dan menarik bagi pencari untuk ditampilkan.
3. Konten SEO On Page
Konten SEO adalah bagian dari SEO on-page dan ada hubungannya dengan mengoptimalkan konten aktual untuk kata kunci target Anda.
Sebelum menerbitkan suatu konten (teks, gambar, audio atau video), langkah pertama adalah melakukan riset kata kunci. Ini diperlukan untuk mengetahui istilah pencarian apa yang diketik pengguna dalam kotak pencarian dan membuat konten yang dapat memuaskan keingintahuan mereka.
Setelah memutuskan kata kunci target Anda, Anda harus membuat daftar kata kunci terkait (juga disebut kata kunci LSI) dan menggunakannya dalam judul, deskripsi, subjudul dan konten halaman artikel Anda.
Mengapa? Karena dengan diperkenalkannya Rank Brain, algoritma pencarian Google menjadi lebih cerdas dan Google tidak lagi mencari relevansi kata kunci dalam konten tetapi berdasarkan relevansi pada topik.
Ini berarti bahwa untuk membuat konten Anda lebih relevan dengan topik luas, Anda perlu memperkaya konten Anda dengan kata kunci LSI.
Ada berbagai cara untuk mengetahui kata kunci mana yang dianggap oleh Google sebagai kata kunci yang relevan dengan kata kunci target dari topik pilihan Anda.
Cara termudah dan tercepat adalah memanfaatkan tiga fitur yang disediakan oleh Google:
- * Kata kunci saran dari Google;
- * Kata kunci lain yang ditelusuri orang (pecari), dan;
- * Pencarian terkait kata kunci anda.
Kata Kunci Saran dari Google
LSI keyword dari Google dapat dipakai untuk tujuan seo on page.
Saat Anda mulai mengetik sesuatu di mesin pencarian Google, Anda akan diberikan daftar variasi frasa yang mungkin dapat digunakan dalam pencarian Anda. Ini adalah kandidat kata kunci yang bagus untuk disebutkan dalam konten Anda. Lihat pada gambar diatas.
Kata Kunci Lain yang Dicari Orang
LSI Google "Orang lain juga menelusuri" - dapat digunakan untuk sub judul/heading Anda.
Ketika Anda mengklik sebuah tautan web dari hasil pencarian yang ditampilkan Google, maka Google akan menunjukkan kepada Anda sebuah daftar kata kunci lain (frasa) yang juga digunakan kebanyakan orang atas kata kunci yang sedang anda cara. Pada halaman pencarian terlihat "Orang lain juga menelusuri". Ini adalah kandidat yang baik untuk digunakan dalam sub-judul Anda.
Pencarian terkait
Di bagian bawah hasil pencarian, Google menampilkan daftar pencarian terkait.
Google LSI "penelusuran terkait" kata kunci - dapat digunakan dalam konten atau postingan Anda.
Yang harus Anda lakukan adalah Anda menyebutkan beberapa kata di atas dalam konten Anda (tanpa melakukan stuffing kata kunci). Gunakan secara bijak keyword terkait dalam artikel, tanpa harus tampak sebagai kumpulan keyword yang berlebihan.
4. Judul dan Format Konten
Halaman postingan perlu diformat dengan benar. Anggap saja seperti laporan yang perlu memiliki judul (h1) dan sub judul (h2, h3).
Tag H1
Setiap halaman hanya perlu memiliki satu tag H1. Jika Anda menggunakan WordPress maka secara default judul halaman postingan dibungkus dengan tag H1.
Anda dapat memilih untuk memiliki tag <title> dan <h1> yang sama atau memberikan judul alternatif untuk tajuk tersebut.
Ingat bahwa mesin pencari menampilkan dalam hasil apa yang mereka temukan di tag judul dan bukan tag h1. Pada beberapa kasus di mana Anda ingin membedakan keduanya, seperti contoh di bawah ini:
Contoh Judul Halaman Posting yang berbeda dengan Meta Judul Halaman.
Pada platform Wordpress, cara ini bisa lebih baik lagi - tujuannya untuk optimasi seo.
Sejauh menyangkut hal lainnya (seperti; h2, h3), hal-hal yang perlu Anda pikirkan adalah sebagai berikut:
- * Hindari menggunakan satu kata untuk tajuk tetapi buat tajuk Anda menarik dan bermanfaat bagi pengguna yang suka membaca sekilas sebuah artikel.
- * Gunakan heading secara hierarkis yaitu tag heading pertama adalah <h1> dan kemudian <h2> dan kemudian <h3>, <h4> dll.
- * Sub judul adalah tempat yang bagus untuk menggunakan kata kunci terkait dalam konten Anda.
Pemformatan Konten
Jangan hanya melempar teks ke halaman postingan secara serampangan. Tetapi pastikan semua itu dapat dan mudah dibaca.
- * Gunakan huruf tebal, garis bawah atau miring untuk menyorot bagian-bagian penting dari postingan Anda.
- * Gunakan font ukuran yang baik (setidaknya 14px).
- * Bagi teks menjadi paragraf kecil (maks 3-4 baris).
- * Gunakan jarak antar paragraf yang cukup untuk membuat teks lebih mudah dibaca.
- * Manfaatkan CSS untuk membuat bagian yang menonjol dan memecah teks menjadi bagian-bagian kecil yang lebih mudah dikelola.
5. Gambar dan elemen multimedia lainnya
Gambar penting untuk tujuan presentasi. Halaman postingan akan tampak lebih menarik dan lebih mudah dimengerti, jika memiliki gambar.
Salah satu masalah terbesar dengan gambar adalah mengurangi kecepatan pemuatan suatu halaman postingan. Namun ini bisa Anda atasi dengan mengecilkan ukuran kuota file sebuah gambar melalui fasilitas gratis, seperti yang disediakan oleh Image Compress - ILioveImages.com/Compress.
Hal terbaik dalam menggunakan gambar:
- * Gunakanlah gambar asli. Jika Anda perlu menggunakan gambar yang ada dari web, Anda perlu merujuk sumbernya, atau memodifikasinya (sesuai ijin penggunaan gambar yang tersedia).
- * Optimalkan ukuran gambar - semakin kecil ukuran (dalam byte) gambar, semakin baik. Gunakan Image Compress, yang dapat anda googling dengan mudah.
- * Gunakan tag ALT untuk menggambarkan informasi dari gambar yang digunakan - Hal ini sangat membantu mesin pencari memahami gambar yang Anda gunakan.
- * Gunakan nama file deskriptif - Jangan hanya memberi nama gambar Anda 'image1.jpg' tetapi cobalah untuk menggunakan nama file yang deskriptif, misalnya 'teknik-seo-on-page.jpg'.
- * Gunakan Jaringan Pengiriman Konten - Jika Anda memiliki banyak gambar dalam satu halaman, Anda dapat menggunakan layanan CDN yang akan membuat halaman Anda lebih cepat. Secara sederhana, gambar Anda akan dihosting dan dilayani oleh sejumlah server dan ini mempercepat proses pemuatan ketika halaman tersebut diakses.
6. Optimalisasi URL
Mengoptimalkan URL penting untuk memaksimalkan unsur SEO. Ini memiliki dua bagian. Bagian pertama adalah pengoptimalan URL dan yang kedua adalah struktur URL.
Optimasi URL
Tautan permanen yang merupakan URL unik dari setiap halaman Anda.
URL yang baik harus kurang dari 200 karakter dan menggunakan tanda hubung untuk '-' memisahkan bagian-bagian yang berbeda.
Sama seperti judul halaman, URL SEO friendly dibuat pendek saja, deskriptif dan mengandung kata kunci target Anda didalamnya.
Ini adalah beberapa contoh URL yang bagus:
* https://panduanonpageseo.blogspot.com/2019/05/seo-on-page-traffic.html
* https://panduanonpageseo.blogspot.com/2019/05/seo-on-page.html
* https://panduanonpageseo.blogspot.com/2019/05/traffic-seo-on-page.html
Ini adalah contoh URL buruk:
* https://panduanonpageseo.blogspot.com/2019/05/seoonpage1.html atau
* https://panduanonpageseo.blogspot.com/2019/05/seoonpage_.html atau
* https://panduanonpageseo.blogspot.com/2019/05/trafficseoonpage.html
Struktur URL
Struktur URL harus meniru struktur situs web yang sebenarnya. Berikut ini cara terbaik mengoptimalkan struktur URL Anda;
Manfaatkan kategori - Kelompokkan halaman postingan Anda ke dalam kategori untuk membantu pengguna dan mesin pencari menemukan yang mereka inginkan dengan lebih cepat. (Pada platform blogspot kategori dikenal sebagai 'label').
Kategori atau Label dapat digambarkan sebagai gudang. Dimana setiap gudang memiliki banyak item yang sama atau saling terkait. Hal ini akan membantu memudahkan search engine dan pencari menemukan topik apa yang mereka cari dalam website blog Anda.
Anda dapat memiliki sub-kategori juga, tetapi saran saya adalah untuk tidak membahas dua level. Misalnya, struktur kategori yang baik adalah:
Beranda> Sosial Media> Pinterest> SEO Off Page Pinterest
dan tidak
Beranda> Sosial Media> Pinterest> Teknik> SEO Off Page Pinterest
Tambahkan menu Breadcrumb – Menu breadcrumb akan sangat membantu, karena memungkinkan pengguna untuk menavigasi situs web Anda dengan cara yang terstruktur karena mereka selalu tahu di mana mereka berada dan seberapa jauh dari halaman homepage.
7. Tautan Internal
Menautkan ke halaman lain dalam situs web Anda sangat penting untuk SEO, karena alasan-alasan ini:
Ini seperti membangun web Anda sendiri: Langkah pertama yang dilakukan laba-laba mesin pencari Google ketika menemukan sebuah halaman web, selanjutnya laba-laba akan mengikuti tautan yang mereka temukan di halaman itu (baik tautan link internal maupun eksternal).
Jadi, ketika Google tiba di halaman Anda, jika Anda tidak memiliki tautan lain di dalam teks, maka Google akan membaca halaman Anda dan pergi begitu saja.
Jika Anda memiliki tautan yang mengarah ke halaman lain dalam situs web Anda, Google dan pencari informasi juga akan mempertimbangkannya untuk dibaca.
Ini adalah cara untuk memberi tahu mesin pencari tentang halaman Anda yang lain: Seperti dijelaskan di atas ketika mesin pencari menemukan halaman dengan tautan atau link internal, mereka akan pergi dan membaca halaman-halaman itu juga, sehingga Anda dapat menggunakan teknik ini untuk memberi tahu mesin pencari tentang halaman-halaman situs web Anda.
Ini adalah cara untuk memberi tahu mesin pencari tentang halaman terpenting Anda: Setiap situs web memiliki beberapa halaman yang lebih penting daripada yang lain. Tautan link internal adalah salah satu cara untuk menentukan halaman yang paling penting dengan mengirimkan mereka lebih banyak tautan link internal ke satu halaman tertentu.
Ini adalah cara untuk meningkatkan lama waktu pengguna berada di situs blog Anda - Pengguna yang membaca posting Anda lebih cenderung mengklik tautan untuk membaca lebih lanjut tentang topik tertentu. Dengan demikian akan meningkatkan lama waktu yang dihabiskan di situs web blog Anda, jumlah halaman per kunjungan dan mengurangi rasio pengunjung keluar dari blog Anda.
Cara terbaik untuk penautan link internal:
- * Jangan hanya gunakan kata kunci untuk tautan internal Anda
- * Tambahkan tautan internal jika itu memang berguna untuk pembaca Anda
- * Tidak lebih dari 10 tautan internal per halaman (ini adalah pendapat saya pribadi dan tidak didasarkan pada penelitian atau studi apa pun)
- * Jika memungkinkan, tambahkan tautan link ke bagian utama halaman web Anda.
8. Tautan Link Eksternal
Setelah Google merilis algoritma Panda dan Penguin, banyak webmaster takut untuk terhubung ke situs web lain. Mereka percaya bahwa ini akan memicu penalti Google, tetapi ini salah besar.
Dengan menautkan ke situs web terkait berkualitas tinggi lainnya, secara tidak langsung Anda juga sedang meningkatkan kepercayaan konten Anda dan ini bagus untuk SEO.
Selain itu, Google dapat menggunakan tautan link eksternal sebagai cara untuk memahami lebih banyak tentang topik yang Anda bahas dalam konten Anda.
Anda dapat mengarahkan tautan link eksternal ke website dengan nilai authority yang tinggi, sebagai acuan sumber data tertentu yang anda cantumkan dalam postingan blog. Seperti, membuat link eksternal ke web Wikipedia, HuffingtonPost, New York Times, Kompas, Detik, MSN dan sebagaimnya.
9. Kecepatan Loading Halaman
Terakhir tapi bukan yang paling akhir, bahwa 2 teknik SEO yang tidak kalah penting adalah: kecepatan loading dan ramah terhadap gadget mobile.
Kecepatan Loading Halaman
Google menginvestasikan sejumlah besar uang untuk membuat web lebih cepat. Di setiap I/O Google, seseorang akan berbicara tentang pentingnya kecepatan dan keinginan mereka untuk memasukkan situs web tercepat dalam indeks mereka.
Demi 'memaksa' pemilik situs web untuk memperhitungkan kecepatan, mereka secara resmi menambahkan kecepatan sebagai salah satu faktor peringkat yang harus diketahui untuk dimiliki.
Jadi, kita harus tahu pasti bahwa kecepatan situs web itu penting ketika berbicara SEO dan peringkat dalam search engine.
Sebagai seorang webmaster, pekerjaan Anda adalah memastikan bahwa situs web Anda memuat secepat mungkin dengan mempertimbangkan rekomendasi Google. Memiliki situs web yang mampu loading dengan cepat, tidak hanya baik untuk SEO tetapi juga untuk retensi dan konversi pelanggan.
10. Responsif terhadap Gadget Mobile
Secara umum,hal ini seringkali disebut sebagai Mobile friendly. Bahwa, hampir 60% pencarian di Google sekarang ini berasal dari perangkat seluler atau mobile. Ini berarti bahwa, jika situs web Anda tidak ramah seluler, Anda sudah kehilangan setengah dari lalu lintas potensial di internet.
Apa yang harus Anda lakukan
Sebagai langkah pertama, pastikan situs web Anda ramah seluler. Periksa situs web Anda dengan alat ramah seluler Google dan perbaiki potensi masalah.
Kemudian selangkah lebih maju dan uji situs web Anda di ponsel, seperti yang dilakukan pengguna sungguhan, dan pastikan semuanya ditampilkan dengan benar termasuk tombol CTA Anda.
Di situs web umum dengan desain responsif, tidak perlu khawatir tentang keramahan ponsel.
11. Komentar dan SEO pada halaman
Banyak orang percaya bahwa dengan munculnya komentar media sosial, media komentar pada blog tidak lagi penting, tetapi mereka salah.
Komentar blog masih penting. Seperti yang dinyatakan oleh Gary Illyes dari Google, ini merupakan indikasi bahwa orang menyukai konten Anda dan berinteraksi dengan halaman dan ini benar-benar dapat meningkatkan SEO Anda.
Pengguna sebelum memposting komentar baru, mereka kemungkinan besar akan membaca komentar yang ada dan ini adalah cara tambahan untuk menambah waktu yang mereka habiskan di halaman dan situs web Anda.
Untuk memanfaatkan komentar sebaik-baiknya, ikuti aturan sederhana ini:
- * Selalu memoderasi komentar sebelum dipublikasikan
- * Hindari mempublikasikan komentar yang terlalu umum
- * Hanya menyetujui komentar yang relevan dengan konten halaman dan menambah nilai
- * Jangan menyetujui komentar saat pengguna tidak menggunakan nama asli
- * Selalu membalas komentar, ini akan mendorong lebih banyak orang untuk berkomentar.
Checklist Teknik SEO On Page
Jika Anda telah membaca keseluruhan artikel ini hingga sampai disini, mari kita rangkum keseluruhan tips-tips diatas ke dalam checklist (daftar periksa) berikut ini;
- 1. Pastikan Anda memahami perbedaan antara SEO on page dan SEO off page.
- 2. Pastikan konten Anda orisinal, bermanfaat, dan diteliti dengan baik.
- 3. Tinjau dan optimalkan judul halaman Anda dengan menambahkan kata kunci, kata-kata lain dan angka yang kuat.
- 4. Berikan deskripsi meta yang unik untuk semua halaman Anda (termasuk kata kunci target Anda).
- 5. Lakukan riset kata kunci dan pastikan kata kunci target Anda menjadi bagian dari judul dan konten.
- 6. Temukan LSI dan kata kunci terkait dan gunakan di postingan atau konten Anda.
- 7. Pastikan halaman Anda hanya memiliki satu tag H1.
- 8. Gunakan judul secara hierarkis pada halaman (H1 -> H2 -> H3).
- 9. Percantik konten Anda dengan huruf tebal, miring, dan CSS.
- 10.Optimalkan gambar Anda dan elemen multimedia lainnya (Teks ALT adalah faktor paling penting untuk gambar).
- 11.Pastikan URL Anda SEO Friendly dan Struktur URL Anda meniru struktur situs Anda.
- 12.Tambahkan tautan internal link ke konten Anda.
- 13.Tambahkan tautan link eksternal ke konten Anda (tautan ke situs web terkait berkualitas tinggi).
- 14.Pastikan situs web Anda dimuat (load) dalam waktu kurang dari 3 detik (baik desktop maupun seluler).
- 15.Pastikan situs web Anda responsif atau ramah terhadap gadget seluler.
- 16.Dorong pembaca untuk berkomentar, tetapi pastikan hanya mempublikasikan komentar yang masuk akal.
Apakah On Page SEO lebih penting daripada SEO Off Page?
Untuk mencapai nilai epncarian maksimum di mesin pencari dan membuat pengguna senang, Anda membutuhkan SEO off page dan SEO on page.
SEO on page lebih penting (setidaknya untuk situs web baru), dan saya akan menjelaskan alasannya disini.
1). Ber-'Bicara' sesuai bahasa mesin pencari: Lebih masuk akal untuk memulai dengan SEO on page dan melakukannya dengan benar daripada sekedar mencoba meyakinkan mesin pencari untuk memberi Anda peringkat yang lebih baik.
Mesin pencari adalah program komputer (perangkat lunak) dan mereka tidak 'melihat' situs web seperti pengguna normal, tetapi mereka hanya dapat memahami kode dan khususnya bahasa HTML.
Dengan SEO dan terutama pada SEO on page, Anda 'berbicara' seperti bahasa search engine. Tujuan Anda adalah membantu search engine memahami, dengan memberi mereka berbagai sinyal melalui struktur halaman dan pengoptimalan konten, tentang semua halaman postingan di blog Anda.
Semakin banyak sinyal yang Anda berikan, semakin besar peluang Anda untuk mencapai peringkat yang lebih baik.
2). On Page SEO juga tentang pengguna: Jangan pernah lupa bahwa tujuan utama Anda adalah untuk membuat pengguna Anda senang, karena menemukan dan mendapatkan apa yang mereka butuhkan dalam web blog Anda.
SEO Off Page dapat membawa lalu lintas ke situs web tetapi jika tidak diatur dengan benar atau jika tidak ramah pengguna, hasilnya akan mengecewakan.
3). Banyak situs web yang salah: Ini luar biasa tetapi memang benar bahwa sebagian besar situs web saat ini tidak dioptimalkan untuk mesin pencari.
Meskipun banyak informasi tentang SEO, banyak pemilik situs web percaya bahwa tidak layak untuk mencoba teknik SEO dan mereka pun berhenti sebelum memulai menggunakannya.
Untuk kasus-kasus yang demikian, SEO on page memiliki banyak hal untuk ditawarkan. Baik dari segi kegunaan dan juga dalam hal upaya peningkatan lalu lintas web.
4). On Page SEO lah yang Anda butuhkan: Jika Anda menjalankan situs web untuk bisnis kecil dan Anda perlu membuat pelanggan lokal mencari berbagai hal di Google, maka SEO on page adalah semua hal yang mungkin perlu Anda lakukan.
5). SEO Off page muncul setelah SEO on page: Sebelum mulai berpikir bagaimana Anda dapat mempromosikan situs web Anda, Anda perlu memastikan bahwa itu dioptimalkan dan dalam kondisi baik. Jadi, langkah pertama adalah bekerjalah dengan baik pada SEO on page untuk blog dan postingan-postinganAnda. Baru kemudian Anda dapat pergi ke situs-situs luar yang se-topik dengan blog Anda untuk tujuan promosi.
Saya berharap, dengan mengulas secara detail tentang SEO on page dan SEO off page pada artikel ini, akan lebih mendorong semangat Anda untuk tetap memperhatikan kedua hal ini, ketika memutuskan untuk membangun sebuah blog. Termasuk ketika akan menulis sebuah artikel.
Manfaatkan semua teknik seo on page yang disampaikan disinidan beri komentar untuk artikel ini dengan bijak. Selamat menikmati Teknik SEO ini dalam
11 Checklist Teknik Off Page dan SEO On Page.
https://bit.ly/2W0wIHz