Cara SEO On Page Menulis Artikel Blog terbaru, tentang teknik seo on page sekaligus membangun
off page seo disetiap postingan artikel blog Anda. Disini akan di
jelaskan langkah langkah seo on page yang benar untuk setiap postingan artikel blog agar enak dibaca pengunjung setia blog, maupun bikin
'meleg' mata search engine (Google, Bing, Yahoo, AOL dan lainnya).
Sebelum mulai membahas
panduan on page seo ini, saya yakin Anda pun dapat men
jelaskan langkah-langkah seo on page yang anda ketahui. Terlepas dari anda seorang ahli, ataupun karena informasi ini juga bertebaran luas di internet. Saya yakin sekali, Anda adalah salah satu ahli dibidang
on page seo maupun off page seo.
Namun, ijinkan saya untuk mengingatkan kembali, kepada kita semua, tentang pentingnya membangun seo onpage pada setiap postingan blog yang kita buat. Saya ingin mengajak kita untuk mengenal terlebih dahulu tentang cara kerja seo on page secara lebih dalam dengan baik. Karena ini akan menyadarkan kita, untuk lebih efektif dalam menggunakan waktu, tenaga dan pikiran ketika akan mulai menulis sebuah artikel pada blog kita.
Cara Kerja SEO On Page
Jika kita berbicara tentang cara kerja seo on page, maka terlebih dahulu perlu kita tahu, bagaimana search engine mendeteksi (
crawl) setiap postingan blog kita. Pertama-tama, setiap kali kita mendaftarkan blog pada search engine, misalnya; Google. Secara otomatis, Google akan menyimpan data website blog kita dalam database servernya. Dan secara berkala, Google akan berkeliling ke miliaran website blog untuk meng-
crawl postingan-postingan terbaru disana. Data hasil
crawl kemudian diperbaharui dan disimpan.
Ketika seseorang mencari sebuah informasi dengan kata kunci yang relevan dengan sebuah postingan blog, maka Google akan "membongkar" data pada servernya, dan diurutkan sesuai khasanah, sebagai berikut;
- 1. Kesesuaian topik artikel terhadap kata kunci yang dicari, dan;
- 2. Skor OnPage SEO dan Off Page SEO dari postingan blog Anda.
Dan selanjutnya, Google akan menyusun secara berurutan, sesuai skor tertinggi dalam
kesesuaian kata kunci terhadap
topik postingan blog. Berikutnya, Google akan menyusunnya kembali, berdasarkan skor tertinggi dari postingan-postingan tersebut, menurut skor seo on page dan off page seo yang dimiliki. Barulah kemudian, kedua hasil skoring tadi ditampilkan pada halaman hasil pencarian Google.
Dari pola atau gambaran diatas, kita dapat melihat, bahwa dalam membuat sebuah artikel atau postingan blog, hal terpenting pertama, agar blog kita "ditemukan" oleh Google adalah; pilihan
topik. Selanjutnya adalah skoring seo on page dan offpage yang dimiliki postingan kita. Keduanya sama penting. Dan kita akan membahasnya bersama-sama secara detail, disini.
Manfaat SEO On Page
Artikel yang memiliki skor seo on-page dan offpage yang tinggi, pasti akan memberikan dampak besar bagi sebuah blog secara keseluruhan. Seperti yang sudah dijelaskan dalam cara kerja seo on page diatas, sebuah blog yang berada pada halaman pertama hasil pencarian untuk kata kunci tertentu, pasti mendapatkan jumlah pengunjung yang tinggi pula.
Optimasi sebuah postingan blog tidak terlepas dari banyak faktor. Satu faktor paling inti adalah On-Page SEO yang didalamnya sub faktor penting, diantaranya; cara optimasi seo on page pada url, off page seo, hingga bagaimana memilih dan menyusun atau membuat kata kunci seo on page yang baik, benar dan tepat. Untuk sebuah postingan.
Agar tidak panjang lebar. Mari kita mulai saja penjelasan tentang
teknik seo on page pada setiap postingan blog Anda agar mudah dikenal dan ditampilkan oleh search engine, dihalaman pertama hasil pencarian mereka.
Tujuan SEO On Page untuk setiap Artikel Blog
SEO on page dalam setiap postingan blog sangat-sangat penting! Tidak peduli seberapa hebat bahasa dalam artikel yang kita buat. Seberapa tinggi, tata bahasa yang kita kuasai dan gunakan dalam artikel. Tetap saja dalam dunia bisnis online yang mengandalkan blogging sebagai media promosi, sangat membutuhkan teknik seo didalam postingan promosi yang kita buat.
Panduan On Page SEO gratis para blogger.
Terlepas dari jam terbang blogging, baik blogger pemula maupun kawakan sekalipun, kita seringkali lupa untuk merancang tulisan-tulisan kita dengan menganut pola seo on page ini. Bahkan saya pribadi selama bertahun-tahun masih menjalani proses penulisan yang tidak memperhatikan pola on page seo pada artikel yang saya buat.
Ranking blog pada search engine pun menjadi tidak jelas, ketika saya tidak memperhatikan soal seo on page ini. Stres, capek, kesal, kehilangan banyak waktu, dan masih banyak lagi yang saya rasakan ketika tidak menggunakan on page seo secara benar. Dan saya yakin Anda pun pasti pernah mengalami hal-hal seperti yang saya alami. Tapi, jangan khawatir. Blog Panduan On Page SEO hadir untuk memberikan panduan on page seo kepada Anda, langkah demi langkah secara mudah, untuk diterapkan pada setiap postingan blog Anda. Dimulai dari sekarang.
Karakteristik SEO On Page Artikel Blog
Dalam menulis sebuah artikel atau postingan blog, kita perlu membuat sebuah rancangan baku atau template postingan yang nantinya akan menjadi ciri khas postingan blog kita. Panduan On Page SEO akan menjelaskan secara detail cara tepat dan benar membangun tulisan yang baik, enak dibaca oleh pengunjung blog dan tetap mengandung nilai optimasi di mata search engine Google, Bing, Yahoo, AOL dan lainnya.
Apa saja hal-hal penting yang harus kita perhatikan dalam merancang sebuah tulisan atau postingan blog, agar optimal dimata search engine sekaligus tetap memiliki nilai tambah bagi pengunjung blog yang membacanya?
Berikut ini adalah semua hal yang harus ada dalam setiap postingan blog Anda, demi memperoleh nilai optimasi lebih dimata search engine dan enak untuk dibaca oleh semua orang yang berkunjung ke blog Anda.
Karakteristik Postingan On Page SEO
- 1. Judul Artikel
- 2. Deskripsi 150 karakter
- 3. Url Seo friendly
- 4. Media (gambar or video)
- 5. LSI keyword pada konten
- 6. Sub Heading
- 7. Internal Link
- 8. External Link (white hat)
- 9. Kesimpulan
- 10. Social share
Mari kita bahas satu persatu secara berurutan, cara membangun artikel atau postingan yang mengandung unsur seo on page, demi mendapatkan "perhatian" lebih dari search engine, namun tetap memiliki estetika penulisan yang baik dan enak dibaca dan dipahami.
1. Judul Artikel
Judul artikel dalam setiap postingan blog adalah pondasi pertama dalam optimasi blog. Pilihan judul artikel yang tepat sangat berpengaruh besar meraih pengunjung yang besar secara alami dari hasil pencarian search engine atas kata kunci yang ditargetkan.
Penting: Panjang judul artikel adalah
50 sampai
60 karater (
huruf dan
spasi). Jika tag judul artikel atau postingan blog lebih dari 60 karakter, maka Google hnya akan menampilkan
60 karakter saja, dari judul artikel Anda.
Sebagai contoh; Anda ingin membuat sebuah artikel dengan target kata kunci (keyword) adalah
SEO Friendly. Dan judul awal pilihan Anda adalah
"Panduan Menulis Postingan Blog yang SEO Friendly". Judul tersebut bisa dibuat lebih pendek dengan unsur seo didalamnya. Namun, tetap mengusung maksud utama yang dibutuhkan oleh pembaca dan search engine, seperti berikut ini.
"Panduan Postingan SEO Friendly" atau
"Postingan Blog SEO Friendly" atau
"Cara Menulis Postingan yang SEO Friendly". atau
"Cara SEO Menulis Artikel Blog" atau
"Cara SEO On Page Menulis Blog" Dan masih banyak lagi padanan judul artikel yang bisa Anda kembangkan dengan lebih baik lagi.
Bila perlu buatlah beragam coretan judul artikel menggunakan software
text editor (ie; notepad), agar Anda bisa memperoleh beragam alternatif judul artikel terbaik, yang dapat membuat semua orang ingin meng-klik dan membacanya lebih jauh lagi.
2. Deskripsi Artikel
Berdasarkan data dari
survey monkey (
disini), 43,2% pencari informasi di mesin pencari Google, Bing dan Yahoo, akan meng-klik website yang diberikan dalam hasil pencarian, berdasarkan informasi yang ada dalam
meta deskripsi konten.
Ketahui juga bahwa, meta deskripsi postingan merupakan alat ukur bagi search engine, untuk menentukan topik apa yang Anda tulis dan audiens yang tepat yang akan mereka kirim ke halaman postingan tersebut.
Lantas, seberapa panjang kah
meta deskripsi artikel atau postingan yang dianut oleh seach engine?
Panjang deksripsi terbaik untuk sebuah potingan atau artikel adalah
150 sampai
160 karakter. Gunakan
Latent Semantic Indexing (LSI), seperti yang bisa anda lihat dari Google.
Latent Semantic Indexing (LSI) dari Google untuk keyword SEO On Page.
Pada contoh diatas, Anda bisa menemukan daftar kata kunci atau keyword yang se-relasi dengan kata kunci utama Anda
SEO On Page.
Sekali lagi, pastikan panjang
meta deskripsi artikel atau postingan blog Anda, berkisar antara 150 sampai
160 karater. Karena jumlah karakter maksimal itulah yang hanya akan ditampilkan oleh search engine (Google, Bing, Yahoo, dll) di setiap hasil pencariannya. Gunakan variasi LSI yang anda dapatkan dari Google, seperti pada contoh gambar ditas.
3. URL SEO Friendly
Disini kita akan bahas tentang cara optimasi seo on page pada url postingan blog. Beruntung dimasa sekarang, semua platform blog telah memberikan kebebasan kepada kita untuk mengatur sendiri url postingan kita agar lebih seo friendly.
Pastikan url postingan kita hanya mengandung 3 sampai 5 kata. Dengan jumlah karakter maksimum terbaik 30 karakter. Walaupun lebih dari itu juga tidak masalah. Namun yang terbaik adalah 30 karakter, yang terdiri dari 3 sampai 5 kata.
Misalnya. Pada website blog dengan platform wordpress akan menampilkan url lengkap dari postingan seperti ini;
https://namablog.com/cara-seo-menulis-artikel-blog/ - dan pada blogspot akan menampilkan begini
https://namablog.blogspot.com/2019/05/cara-seo-menulis-artikel-blog.html atau
https://www.namablog.com/2019/05/cara-seo-menulis-artikel-blog.html.
Penting: Pastikan
url postingan mengandung kata kunci atau keyword utama. Hal ini akan mendorong postingan jadi lebih disukai oleh mesin pencari atau search engine.
4. Media (Gambar atau Video)
Gunakan media gambar atau video yang relevan dan menjelaskan tentang isi artikel atau postingan. Pastikan juga, pada media yang digunakan memiliki informasi tentang topik artikel yang sedang ditulis. Gunakan tag "alt" untuk gambar atau foto. Sedangkan untuk video (maupun gambar), gunakan informasi singkat tentang topik yang sedang ditulis, tepat dibawah media tersebut.
Misalnya; Untuk media gambar dan video bisa menggunakan informasi singkat seperti pada 2 contoh gambar dibawah ini.
Contoh SEO On Page pada gambar menggunakan tag "alt".
...dan
Contoh SEO On Page dibawah gambar.
Sedangkan, untuk media video, gunakan informasi atau keterangan tentang video tersebut, dengan menempatkannya (informasi atau keterangan) dibawah video.
Cara ini akan meningkatkan nilai seo on page halaman postingan yang dibuat.
5. LSI Keyword pada kontent
Seperti sudah disinggung diatas, pada pembahasan tentang
"Judul Artikel", teknik seo on page berikutnya adalah penggunaan keyword LSI
(Latent Semantic Indexing). LSI dengan mudah dapat diambil dari Google, dan diterapkan pada artikel blog. Tetapi INGAT!
Jangan kemaruk alias jangan
berlebihan dalam menggunakan keyword LSI. Gunakan saja sewajarnya, sesuai variasi kata atau kalimat LSI yang ditampilkan Google. Contoh gambar dibawah ini cukup menjelaskakan hal itu.
Contoh SEO On Page LSI keyword dari Google.
Perhatikan contoh LSI
(Latent Semantic Indexing) keyword yang ditampilkan oleh Google dari hasil pencariannya untuk kata kunci seo on page.
Mengacu pada LSI yang diberikan Google. Kita dapat menulis postingan artikel blog dengan memanfaatkan variasi kata kunci LSI tersebut. Tulislah paragraf demi paragraf secara apik, enak dibaca, dan mengandung variasi kata kunci LSI dari Google.
Pastikan penerapan lsi keyword tercantum pada 100 kata pertama dari setiap postingan yang dibuat. Hal ini untuk memberikan
"rasa" lebih
sedap bagi search engine, untuk menemukan postingan yang sudah Anda buat, masuk di halaman pertama hasil pencarian Google dan search engine lainnya.
6. Sub Heading H2 - H6
Search engine Google, Bing, Yahoo, dan lainnya sangat menyukai sub heading atau sub judul. Postingan atau artikel blog yang menggunakan sub heading akan mendapatkan perhatian lebih dari search engine, ketika merambah miliaran website dan blog dalam database mereka. Jadi pastikan sub heading menjadi bagian penting dalam artikel yang sedang ditulis.
Penggunaan sub heading, umumnya berada dalam tag H2 - H6. Buatlah sub heading yang mengandung kata kunci utama atau varian (LSI) dari kata kunci utama. Gunakan sewajarnya saja dengan bijak. Sebagai contoh;
<h2>Cara SEO On Page Menulis Artikel Blog</h2>
atau
<h3>Cara SEO On Page Menulis Artikel Blog</h3>
...dan sterusnya.
7. Internal Link
Internal link adalah salah satu hal penting yang harus ada dalam setiap postingan artikel blog.
Internal link adalah link yang dibuat
ke artikel terkait dengan postingan artikel yang sedang ditulis. Sebagai contoh, jika Anda sedang membuat artikel dengan judul; "Cara SEO On Page Menulis Artikel Blog", dengan target topik atau kata kunci adalah
seo on page. Maka pastikan dalam artikel yang sedang ditulis tersebut, mengandung link ke artikel lain yang relevan, atau terkait dengan kata kunci
seo on page juga.
Namun, jika itu adalah artikel pertama dari blog Anda. Maka, buat saja internal link yang mengarah ke halaman utama blog.
Seperti yang saya terapkan dalam postingan ini. Karena artikel ini adalah postingan pertama saya, dan tidak ada postingan lainnya, maka saya buat saja internal link nya mengarah langsung ke homepage blog ini, yakni;
panduan seo on page.
7. Eksternal Link
Eksternal link adalah satu atau beberapa link yang mengarah keluar blog. Namun, tentunya tetap harus relevan dengan postingan atau artikel yang dibuat. Pastikan eksternal link yang dibuat, mengarah pada web authority terpercaya, sebagai sumber data yang digunakan dalam artikel. Web authority yang dapat digunakan sebagai sumber data, diantaranya; Wikipedia, HuffingtonPost, MSN, AOL, New York Times, Detik dot com, Kompas dan sebagainya.
Misalnya, sebagaimana yang digunakan dalam postingan ini, pada pembahasan nomor 2, tentang
Deskripsi Artikel. Saya membuat eksternal link yang mengarah ke sebuah data dari
survey monkey, yang ditulis oleh IAcquire.com. Disana dinyatakan bahwa
"43,2% dari pencari informasi di search engine akan meng-klik website yang mengandung kata kunci yang dicari pada meta deskripsi mereka".
Eksternal link yang dibuat, dapat menggunakan tag follow atau nofollow. Itu tidak menjadi masalah. Karena nilainya akan tetap sama dimata search engine, ketika sebuah artikel mengandung eksternal link sebagai sumber data.
Search engine akan tetap memandang bahwa eksternal link tersebut dapat memberi manfaat lebih kepada pembaca. Dan ini akan "memaksa" search engine untuk memberi nilai lebih pada skor seo on page postingan blog Anda. Dengan demikian, postingan blog tersebut akan berada sedikit lebih tinggi dari postingan sejenis dari blog lain yang tanpa eksternal link.
8. Buatlah Resume sebagai Kesimpulan
Seperti layaknya menulis sebuah buku. Dalam menulis postingan blog pun demikian. Buatlah sebuah kesimpulan atas isi artikel yang ditulis. Cukup 1 atau 2 paragraf saja. Pastikan, isi kesimpulan benar-benar merangkum dan menggambarkan isi artikel secara keseluruhan.
Kesimpulan dari setipa artikel yang ditulis, sebaiknya dibuat singkat, padat, jelas, dapat dibaca dengan cepat, dan mudah dipahami. Dan pastikan juga ada kandungan kata kunci utama maupun LSI keyword, berada dalam kalimat kesimpulan Anda.
Dengan membuat kesimpulan disetiap akhir postingan, akan lebih mengingatkan para pembaca, tentang topik yang sedang dibahas dan manfaat dari postingan itu sendiri.
Buat saja kesimpulan yang sederhana. Tepat sasaran. Dan mudah dipahami dalam sekali baca.
9. Social Share
Sediakan layanan social share atau tombol sosial media, kepada pembaca blog, agar dapat berbagi artikel-artikel yang telah dibaca kepada rekan-rekan mereka di halaman sosial media yang dimiliki.
Saat ini, banyak sekali fasilitas widget, tool, atau apalah namanya, yang menyediakan kemampuan berbagi ke sosial media dengan mudah. Cukup gunakan kode-kode skrip, yang bisa dicari dengan mudah di Google, menggunakan kata kunci "
pasang widget sosial media gratis". Google akan menampilkan ratusan widget social share dengan gratis.
Gunakan social share sebagai off page seo tools.
Salah satunya, seperti tool social share yang saya gunakan dalam blog ini. Yakni tool social share dari Shareaholic. Bisa anda lihat pada bagian kiri dari halaman blog ini. Silahkan gunakan tombol-tombol social share yang ada, untuk membagikan postingan ini kepada rekan-rekan Anda di facebook, twitter, pinterest, linkedin, fark dan tumblr. Atau dapat juga simpan artikel ini di browser firefox Anda, melalui
Pocket.
Social share dapat disamakan sebagai seo on page tools, yang akan mendongkrak nilai skor
off page seo dari sebuah artikel blog dimata search engine Google, Bing, Yahoo, AOL dan lainnya. Salah satu cara tambahan yang bisa digunakan untuk meningkatkan nilai off page seo postingan blog adalah Bitly. Fasilitas
pemendek url ini, dapat dijadikan sebagai tools off page seo berupa backlink. jangan lupa bahwa, bitly ada web authority dengan nilai 95. Dan url pendek dan unik yang anda peroleh dari bitly memiliki nilai tinggi, karena memberikan backlink dofollow. Silahkan manfaatkan dengan bijak untuk meningkatkan nilai off page seo postingan Anda, melalui tool ini.
Rangkuman Panduan SEO On Page
Dalam menulis artikel atau postingan sebuah blog, yang harus anda miliki didalamnya adalah;
Judul Artikel 50-60 karakter,
Deskripsi Artikel 150 karakter,
URL seo friendly maks. 30 karakter (3-5 kata),
Media gambar atau video dengan keterangan dibawahnya serta gunakan tag "alt",
Sub Heading yang mendandung kata kunci,
Internal dan
Eksternal link,
Kesimpulan, dan
Social Share.
Walaupun seringkali cukup menyita waktu dalam menulis artikel blog yang
full seo on page friendly, namun sayangnya hal itu memang wajib dilakukan, jika kita ingin meraih posisi dihalaman pertama hasil pencarian search engine untuk kata kunci yang ditargetkan.
Seringkali juga dibutuhkan riset, waktu, dan kesabaran lebih untuk dapat menulis artikel-artikel atau postingan blog yang mengandung unsur seo on page. Selamat mencoba. Praktekan. karena jika ingin meraih posisi terbaik di hasil pencarian Google, buatlah setiap postingan blog yang mengacu pada konten yang mengandung kisi-kisi penting seperti yang dijelaskan disini,
Cara SEO On Page Menulis Artikel Blog.
https://bit.ly/2HJdzjh